Menemukan Diri Dalam Kajian Seni Rupa Dan Desain



Nama     :   Rizky Sahalatua Nainggolan Batuara
NPM       :    202246500234
Kelas      :    R4D


         Halo, Saya Rizky Sahalatua Nainggolan Batuara, biasa dipanggil Rizky, Iki, maupun kiky, saya lahir dan besar di Jakarta,  tempat yang saya sebut rumah dan sumber berbagai macam inspirasi. Saat ini saya sedang menempuh Pendidikan di jenjang S1 jurusan Desain Komunikasi Visual di Universitas Indraprasta PGRI. Saya masuk jurusan ini karena sejalan dengan minat dan hobi saya yang mana saya hobi menonton film atau animasi, editing dan fotografi.

           Semua hobi saya yaitu bermula pada saat saya kecil yang masih duduk di kelas 4 SD, dulu terdapat sebuah kartun animasi dispacetoon yaitu code lyoko dan ninja hattori yang membuat saya penasaran mengapa sebuah gambar dapat bergerak dan memiliki warna warna yang bervariasi, saya terus mencoba menggambar apapun itu yang mungkin dapat bergerak, pada suatu saat booming sebuah animasi bergerak yang simple yaitu stickman, saya akhirnya memahami konsep bergerak suatu gambar yaitu dengan menggambar per-frame yang menurut saya untuk menggambar 1 frame saja terasa sangat sulit apalagi jika membuat banyak gambar hanya untuk digerakkan dalam waktu 1 detik. 

        Selain itu hobi saya juga hobi menonton film karna suatu hari saya diajak pergi ke salah satu bioskop  oleh orang tua saya untuk menonton film Iron Man 3, saya sangat takjub dengan dunia perfilman yang efek visualmya seperti nyata atau realistis, bahkan pada saat itu teknologi belum secanggih sekarang.  Bagi saya film merupakan sebuah inspirasi maupun hal edukasi baru yang tidak saya dapat hanya dengan bersekolah saja. Film juga menjadi tren visual dan estetika terbaru, yang dapat berguna bagi desainer, ilustrator, dan seniman.

       Saya juga mengambil jurusan Multimedia pada saat saya di bangku Sekolah Menengah Kejuruan yang mana meningkatkan minat saya terhadap bidang industri kreatif walaupun saya tidak dapat menggambar dengan baik namun indusri kreatif tidak hanya terpaku pada hal menggambar saja, melainkan banyak variasi hasil kreatif tiap individu. Pada saat itu saya juga semakin senang dengan memfoto apapun disekitar saya untuk dijadikan sebuah kenangan. Selain itu saya juga semakin gemar editing karena pada saat itu booming di sosmed dinamakan Anime Music Video atau AMV karena ingin mengekspresikan kreativitas dan mengasah keterampilan editing video saya. Selain itu saya memahami bahwa dengan editing video adalah cara yang baik untuk menghidupkan suasana dan menjadi lebih peka terhadap detail yang ada.

        Sampai saat ini saya berkuliah di UNINDRA sangat gemar hobi fotografi dan videografi. Dari fotografi dan videografi saya memahami bahwa kita dapat mengekspresikan diri melalui foto atau video dan melihat dunia dari berbagai macam perpektif yang unik, selain itu foto dan video juga jadi cara untuk berkomunikasi dan berbagi pengalaman dengan orang lain. Dengan foto dan video, kita bisa mengabadikan momen yang berharga dan menciptakan kenangan yang dapat dinikmati walaupun sudah bertahun tahun. Selain mengabadikan moment, kita dapat memberikan sebuah pesan tersembunyi pada sebuah foto maupun potongan sebuah video, pesan yang diberikan tidak hanya dalam berbentuk lisan namun dapat dibuktikan dengan visual walaupun pesan yang didapat akan berbeda pada setiap individu.

        Saat ini saya semester 4 berkuliah di UNINDRA dengan jurusan DKV telah mengalami banyak hal yang mengesankan walaupun disamping itu terdapat hal yang berkebalikan juga, saya juga telah mendapat banyak ilmu baru yang tidak didapat selama hidup saya terutama dalam bidang kreativitas karena saya yakin bahwa kreativitas itu tidak ada batasnya karena dengan mengeksplore berbagai aspek bidang kreatifitas akan ada hal yang lebih baru. DKV juga bukan hanya tentang menggambar namun terdapat banyak pemahaman yang harus dilalui mulai dari brainstorming, problem solving, memahami target audiens yang akan dituju dalam sebuah projek, dan masih banyak lainnya. Saya menikmati momen proses ini karena segala hal tidak dapat langsung tercapai, namun ada beberapa faktor yang harus dilalui agar menjadi seseorang yang lebih hebat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Semiotika Pada Anime Mushoku Tensei

Analisis Semiotika Pada Lagu "Someone to Stay'' dari Karya Vancouver Sleep Clinic

AI Dalam Industri Kreatif